Gelar Program Gebrak Masker, TP PKK Luwu Dapat Dukungan Dari IDI

Senin, 17 Agustus 2020 Berita

Belopa, InfoPublik – Program Gerakan Bersama Memakai Masker (Gebrak Masker) yang secara resmi digelar serentak oleh TP PKK se Indonesia, termasuk TP PKK Kabupaten Luwu, Senin (17/8/2020), mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Kegiatan Gebrak Masker dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat yang dilaksanakan dengan metode door to door atau dari rumah ke rumah ini mendapat pula dukungan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Luwu.

“Kami menyadari bahwa saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai bosan dan kurang peduli terhadap bahaya penularan Covid-19, padahal di Kabupaten Luwu sendiri hingga sekarang angka pasien positif Covid-19 masih terus bertambah. Oleh karena itu, kami menyambut baik dan mendukung program Gebrak Masker yang diluncurkan oleh TP PKK Kabupaten Luwu”, ungkap dr. Alauddin Jusuf, Ketua IDI Cabang Luwu.

Memulai kegiatan dari Markas Koramil 1403-03 Belopa, tim yang terdiri dari IDI Luwu, Pengurus TP PKK Luwu dan personil TNI dari Koramil 1403-03 Belopa bergerak menyisir Jalan Toppoka membagikan masker non medis kepada para warga dan pengguna jalan yang didapati tidak memakai masker.

Selain mendapat masker secara gratis, para warga dan pengguna jalan juga menerima edukasi tentang 3 langkah utama untuk mencegah penularan Covid-19, yaitu dengan memakai masker saat beraktivitas, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak saat di keramaian minimal 1 meter.

“Terima kasih kepada IDI Luwu dan personil TNI yang telah mendampingi kami melakukan edukasi dan pembagian masker gratis. Kegiatan ini adalah bukti eksistensi TP-PKK Kabupaten Luwu dalam upaya perubahan perilaku masyarakat di era pandemi, dan merupakan bagian dari program “Gebrak Masker” (Gerakan Bersama Memakai Masker) yang merupakan implementasi dari instruksi langsung Presiden Joko Widodo kepada TP-PKK Pusat yang diaplikasikan oleh seluruh pengurus TP PKK se Indonesia termasuk di Kabupaten Luwu”, kata dr. Rosnawary yang mewakili TP-PKK Kabupaten Luwu.

Beberapa pusat keramaian menjadi sasaran dari tim Gebrak Masker, seperti di pertamina, warung atau toko, dan masyarakat dijalan yang tidak memakai masker. Sosialisasi penerapan protokol kesehatan kemudian dilanjutkan ke rumah warga sekitar.

“Selaku Dandramil 1403-03 Belopa, kami ikut mendukung penuh kepada TP-PKK Kabupaten Luwu dalam menjalankan program Gebrak Masker. Lewat kesempatan ini pula, kami mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk lebih disiplin menggunakan masker terutama pada saat beraktivitas di ruang-ruang publik. Ke depan, akan ada tindakan tegas bagi para pelanggar yang tidak disiplin menggunakan masker”, ungkap Kapten CBA Marthen Luther, yang juga turun langsung dalam kegiatan ini.

Selama program Gebrak Masker berlangsung, masih banyak warga maupun pengguna jalan yang tidak disiplin memakai masker saat beraktivitas di ruang-ruang publik. Sebanyak 300 buah masker non medis dibagikan pada kegiatan kali ini.