Peringati HUT RI Ke-75, Bupati Luwu Mengajak Masyarakat Bersatu Berjuang Melawan Covid-19

Senin, 17 Agustus 2020 Berita

Belopa, InfoPublik – Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Luwu tetap melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 tahun di halaman Kantor Bupati Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Senin (17/8/2020).

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 kali ini tampak sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena bangsa Indonesia masih diselimuti pandemi Covid-19. Walaupun Sangat berbeda, namun upacara tetap berlangsung dengan khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Peserta upacara Peringatan HUT RI Ke-75 terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Tagana Dinas Sosial dan TRC BPBD yang masing-masing instansi hanya diwakili oleh 6 orang.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang selaku Inspektur Upacara, membacakan sambutan seragam Gubernur Sulawesi Selatan, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk Bersatu padu melawan dan berperang dengan musuh yang disebut Corona Virus Disease tahun 2019 atau lebih dikenal dengan sebutan Covid-19.

“Kondisi Saat ini, berperang tidak mesti mengangkat senjata atau bambu runcing seperti para pahlawan yang telah mendahului kita, Akan tetapi, dengan menerapkan protokol Kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau detergen dan tetap bekerja dan berusaha mendorong inovasi pelayanan publik sesuai dengan kondisi fase kehidupan new normal serta berbagai aktivitas kita dalam rangka Bersatu padu melawan Covid-19”, kata H Basmin Mattayang.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 dirangkaikan pemberian Satyalencana Karya Satya kepada 453 PNS. Satyalencana Karya Satya merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah berbakti selama 10, 20 dan 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Selain pemberian Satyalencana Karya Satya, pada kesempatan itu pula diumumkan para nominasi terbaik lomba penyelenggaraan pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan se Kabupaten Luwu. Penghargaan juga diberikan kepada 94 desa atas kesuksesannya dalam menjalankan program ODF yang diwakili oleh Ketua APDESI Kab Luwu, Andi Muhammad Arfan Basmin.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, Dandim 1403/SWG, Letkol Inf Gunawan, Ketua Pengadilan Negeri Belopa, I Made Yuliada, Kasi Intel Kejari Luwu, Alex Rante Labi’, para staf ahli dan asisten bupati serta anggota legiun veteran.