Usai Melepas Rombongan PGRI Ke Lutra, Bupati Luwu Salurkan BLT Tahap III

Minggu, 19 Juli 2020 Berita

Luwu, InfoPublik – Sekitar Pukul 07.30 Wita, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang melepas rombongan Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Luwu menuju Kabupaten Luwu Utara untuk menyalurkan bantuan logistik kepada korban terdampak banjir bandang di halaman rumah jabatan Bupati, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara, Sabtu (18/7/2020).

Bupati Luwu memberikan apresiasi kepada pengurus PGRI yang dengan tulus mengumpulkan bantuan logistik bagi korban banjir bandang.

“Apresiasi yang tinggi kepada pengurus PGRI dibawah komando Ketua PGRI yang tidak lain adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bapak Amang Usman yang telah merangkul anggotanya untuk mengumpulkan donasi dan logistik bagi para korban banjir bandang di Lutra. Hati-hati dijalan semoga selamat sampai tujuan dan bantuan ini dapat segera tersalurkan”, kata H Basmin Mattayang.

Usai melepas rombongan PGRI, Bupati Luwu melanjutkan kegiatan hari ini menuju Desa Murante di Kecamatan Suli dan Desa Bukit Sutra di Kecamatan Larompong untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap III. Penyaluran dilakukan di kantor desa masing-masing.

Di dua desa tersebut, Bupati Luwu menghimbau masyarakat agar bekerjasama dengan kepala desa untuk mengelola dengan baik potensi yang ada didesanya.

“Penyaluran BLT dana desa tahap ketiga ini adalah yang terakhir dari kebijakan pemerintah pusat memberikan bantuan kepada masyarakat yang perekonomiannya terdampak karena pandemi Covid-19. Kita masih menunggu bagaimana kebijakan dan petunjuk selanjutnya dari pemerintah pusat. Sementara menunggu kebijakan baru, untuk membantu memulihkan perekonomian, maka sebaiknya pemerintah desa dan masyarakat bahu membahu mengembangkan potensi yang ada didesanya”, kata H Basmin Mattayang.

Bupati mencontohkan, perekonomian masyarakat dapat ditingkatkan dengan mengelola dan mengembangkan kawasan usaha perikanan yang berada di dusun Cerekang Desa Murante serta mengembangkan potensi sungai yang ada di desa Bukit Sutra sebagai obyek wisata.

“Jika kita mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada didesa kita maka secara langsung akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Silahkan kepala desa buat perencanaannya dan ajukan ke pemerintah daerah apa saja yang menjadi kebutuhannya, Insya Allah kami siap membantu”, jelas H Basmin Mattayang.

Selain itu, lanjut Bupati, gerakan pemanfaatan pekarangan untuk menanam sayuran dan tanaman obat-obatan keluarga harus terus dilaksanakan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi sekaligus menambah penghasilan keluarga.

Jumlah penerima BLT Dana Desa di desa Murante sebanyak 106 KK dan di desa Bukit Sutra sebanyak 230 KK.

Turut serta mendampingi Bupati, Plt Kepala DPMD, H Bustan, Camat Suli, Ilyas Mappiwali, Camat Larompong, Ridwan Pallawa, Kapolsek Larompong Polres Luwu, Iptu Syarief S dan Dandramil 1403-01/Larompong, Kapten Inf Samuel.